Thursday, March 31, 2011

Mengenal Petrel–3D Seismic Visualization, Modeling, and Simulation

petrel1

Apa Itu Petrel?

Petrel adalah aplikasi berbasis Windows untuk 3D visualzation, 3D mapping dan 3D reservoir modeling dan simulation. Aplikasi Petrel ini sendiri dibuat dengan memanfaatkan .NET Framework. Untuk aplikasi Petrel 2010.1, aplikasi ini dibuat dengan menggunakan .NET Framework 2.0. software ini lebih dimanfaatkan untuk pemodelan subsurface penambangan minyak...!!!

Berikut ini system requirements aplikasi Petrel:

petrel2


Berikut ini tampilan aplikasi Petrel 2010.1

petrel3

1. Petrel dalam Pemodelan Geologi 

a. Menyatukan Geologi, Geofisika, dan Teknik Reservoir

Mengidentifikasi dan hidrokarbon pemulihan memerlukan model akurat, resolusi tinggi dari struktur geologi dan stratigrafi reservoir. Kemampuan geologi Petrel, semua  bersatu dengan alat-alat teknik geofisika dan reservoir, memungkinkan studi yang terintegrasi dengan menyediakan deskripsi reservoir yang akurat  yang berkembang dengan reservoir.



b. Petrel Geoscience Core

Sebuah suite lengkap modul karakterisasi reservoir mencakup kemampuan untuk menghasilkan panel korelasi yang baik, dan melakukan pemetaan, teknik merencanakan dan 3D modeling reservoir, yang terintegrasi dengan metode simulasi. Alat Workflow Editor memungkinkan untuk otomatisasi alur kerja dan pembaruan model dengan cepat, mengurangi waktu siklus dan memaksimalkan efisiensi perolehan project.

c. Kerangka Struktural Petrel

Konstruksi dan otomatisasi kerangka fault kompleks memungkinkan transisi dari kerangka kompleks untuk grid titik sudut tradisional, termasuk IJK IJK hibrida baru dan total (tangga-langkah) model, dan memberikan representasi yang lebih akurat dari data yang ditafsirkan untuk mengevaluasi ketidakpastian di volumetrics, porositas , permeabilitas, struktur atau properti lain yang relevan untuk definisi prospek yang lebih baik dan ditingkatkan dengan baik penempatannya.
  
2. Petrel sebagai Geofisika Software

a.   Unified 2D dan 3D Perangkat Lunak Interpretasi Seismik

perangkat lunak geofisika Petrel menyediakan spektrum penuh workflow geofisika, termasuk 2D dan 3D interpretasi, set lengkap volume kompleks dan permukaan atribut termasuk pelacakan semut untuk identifikasi kesalahan dan patah tulang, interpretasi volume (deteksi geobody) dengan seismik crossplotting dan klasifikasi, domain konversi, dan model-sementara-fungsi menafsirkan, yang memungkinkan penterjemah untuk membangun kerangka struktural saat melakukan interpretasi mereka. geofisika Petrel adalah solusi Skalabilitas yang mendukung data seismik dari sistem koordinat yang berbeda, membawa Anda mulus dari eksplorasi daerah untuk pembangunan reservoir.



b.  Petrel eksplorasi geofisika

  • Belum pernah terjadi sebelumnya akses ke sangat besar bekerja seismik-dataset dengan ratusan gigabyte volume seismik 3D dan 2D ribuan baris, semua dalam sebuah kanvas 3D
  • interpretasi Scalable pada desktop Anda-untuk memvisualisasikan dan menafsirkan data
  • Modeling-sementara-menafsirkan kemampuan-untuk menghasilkan interpretasi yang lebih tinggi berkualitas dengan membangun sebuah kerangka struktural di latar belakang saat Anda menafsirkan
  • Peningkatan volume-interpretasi untuk mengidentifikasi dan ekstrak fitur geologi oleh pencampuran dan patung volume
  • Ketidakpastian dan volumetrics penilaian-untuk mengevaluasi potensi risiko dalam satu aplikasi

c. Interpretasi Seismik Petrel

d. Petrel Rendering Volume seismik & Ekstraksi Geobody

e. Petrel Analisis Atribut Seismik

f.  Petrel Domain Konversi

g. Petrel seismik Sampling

h. Petrel Interpretasi Otomatis Struktural

C. Petrel Software Rekayasa Reservoir

a. Preprocessing dan postprocessing Data Simulasi

Komponen Reservoir Teknik Petrel seismik-ke software-simulasi memungkinkan para ahli untuk menyatukan kekayaan informasi mereka domain-spesifik dan pengetahuan yang menjadi representasi tunggal bawah permukaan model-sentris, sementara juga memberikan simulasi reservoir yang komprehensif preprocessing dan postprocessing lingkungan. Sekarang, perubahan dalam interpretasi seismik atau model geologi mudah cascade melalui model simulasi reservoir dan punggung. Anda dapat mengevaluasi dampak dari perubahan pada tingkat produksi atau cadangan-di sebagian kecil dari waktu sebelumnya dicapai. Kompatibel dengan seluruh keluarga perangkat lunak simulasi reservoir simulator ECLIPSE dan industri lainnya, Petrel Reservoir Engineering (RE) workflow memungkinkan analisis dinamis untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda atau keperluan operasional.

b. Kompleks sumur

Petrel RE memungkinkan Anda untuk merancang sumur canggih dengan desain multisegmented, desain penyelesaian maju, penempatan otomatis, dan optimasi selesai.

c. Simulasi gridding

Petrel 2010 kemampuan gridding termasuk grid lokal logaritmik sekitar patah tulang hidrolik dalam sumur, grid coarsened lokal, grid kotak-kotak untuk mengurangi jumlah sel, gridding struktur geologi yang kompleks, dan tangga-langkah gridding untuk menghormati Y kesalahan.

d. Thermal simulasi

Petrel perangkat lunak RE mendukung minyak hidup workflow termal cairan yang memungkinkan Anda untuk mengatur up, lari, dan menganalisa data dimana proses pemulihan termal yang terjadi.

e. Pengembangan strategi

Proses pengembangan-strategi mencakup seperangkat aturan untuk mengendalikan reservoir dan sumur yang memungkinkan Anda untuk menggunakan lebih dari fungsi ECLIPSE perangkat lunak dalam perangkat lunak Petrel.

f. Akuifer pemodelan

Petrel 2010 menyediakan alat untuk akuifer pemodelan-untuk presisi dan kekokohan dalam menangani koneksi akuifer.

g. Workflow Terpadu

perangkat lunak alur kerja terintegrasi Petrel sekitar simulasi, membuat data flow transparan, dan membuat antarmuka yang mudah untuk belajar.


Bagi teman-teman yang membutuhkan cara instalasi dari petrel 2009, ane udah buat tutorial instalasinya...silahkan teman-teman download link dibawah ini  dan contoh tutorialnya :    



1. instalasi Petrel 2009 di win. XP
2. Sinkronisasi server Petrel 2009 dan ArcGIS 9.3



Salam Tambang !!!