Tuesday, March 22, 2011

MineScape Mine Planning and Design Software

Bagi praktisi software tambang, berikut review singkat software pada endapan-endapan yang bersifat stratigrafic/berlapis yaitu Minescape...bagi yang mau terjun ke dunia "Kohle" atau coal atau batubara, koleksi ane ada Minescape 4.114 support windows NT/2000, Minescape 4.115c support windows 2000/XP dan Minescape 4.116a support windows XP/Vista, sedangkan yang terbaru Minescape 4.117 dan 4.118 yang disinyalir support dengan OS win7 (tpi ane kagak punya) nanti dacarilah...bagi yang mw download Minescape 4.116a, klik disini berikut review singkat Minescape secara umum dan postingan selanjutnya akan kita pelajari contoh data dan bgmn input kedalam minescape....keep "learnen"...until you get more than another...
  
MineScape dikembangkan untuk memenuhi berbagai tuntutan dalam industri pertambangan, dan digunakan di lebih dari 100 perusahaan pertambangan di Indonesia. Minescape adalah solusi lengkap bagi operasi tambang open cut dan underground. MineScape memiliki fungsi pemodelan geologi dan desain tambang yang luas sehingga menjadi solusi pertambangan terkemuka di Indonesia. Dengan berbagai macam fitur yang dimiliki, Minescape menawarkan kemudahan penggunaan melalui:
  • Graphical Task Interface (GTi) yang menggabungkan berbagai macam fungsi Minescape
  • Tampilan yang intuitif
  • Semua data dan model 3D dapat diakses oleh banyak user secara bersamaan
  • Menyediakan CAD 3D
  • Tersedianya MineScape Explorer untuk melihat project dan mengolah data.
  • Dapat digunakan oleh banyak user dalam suatu network
  • Memiliki fungsi pemodelan stratigraphy yang kompleks termasuk patahan naik.
  • Gabungan antara database geologi dengan pemodelan dan grafis 3D
Semua produk Minescape telah terintregasi dan dapat diakses oleh banyak user dengan database tunggal dalam suatu network. Setiap produk melakukan pemrosesan data tertentu disertai dengan fungsi perencanaan pertambangan lainnya.

Fitur-fitur MineScape

Core MineScape

Core MineScape, merupakan inti dari semua produk MineScape dan terdiri dari:
  • Sistem 3D CAD yang terintegrasi dan berbasis mining
  • Programming yang disesuaikan dengan kebutuhan
  • Fungsi dokumentasi yang lengkap meliputi fasilitas-fasiltas pengolahan surface, gridding, manajemen transaction dan spreadsheet
  • Sistem pelaporan yang disesuaikan dengan kebutuhan
  • Menampilkan secara langsung file-file dalam bentuk AutoCAD ESRI
  • Fungsi plotting yang lengkap

Block Model

Melakukan pemodelan endapan non stratigraphy dalam bentuk 3D yang akurat dan efisien dengan menggunakan sistem CAD yang terintegrasi untuk menampilkan dan mengolah model. Menghasilkan model deposit 3D dengan menginterpretasikan data geology untuk mendefinisikan solid-solid  wireframe dan mengeksport hasilnya ke produk optimasi pihak ketiga  seperti Whittle 4D.
Block Model screenshot

Geological Database (GDB)

Menyimpan data downhole survey, litologi dan kualitas, menghasilkan rangkuman standar dan laporan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dan menampilkan data downhole secara grafis. GDB dapat menampilkan litologi, interval, geofisik and korelasi serta menyediakan fungsi compositing dan washability.

Stratmodel

Melakukan pemodelan stratigraphy yang kompleks termasuk patahan naik. Mengolah elemen-elemen model 3D secara interaktif termasuk tampilan 3D ke segala arah.

Drill & Blast

Menggunakan sistem 3D CAD untuk mempercepat pengaturan pola letusan, perhitungan lubang di permukaan dan mengirimkan laporan pola lubang untuk pemasangan bor yang dilengkapi dengan GPS. Drill dan Blast terintegrasi untuk menentukan zona-zona diluar letusan secara cepat.

Roads

Mendesain haul roads secara interaktif dalam 3D. Menentukan kebutuhan cut dan fill untuk keseimbangan dan optimasi secara masal. Secara otomatis menghasilkan laporan dalam bentuk grafis atau teks untuk para personel survei dan konstruksi.
Drill & Blast screenshot

Open Cut

Menghasilkan dan menguji desain tambang untuk operasi produksi jangka pendek dan studi kelayakan jangka panjang. Menggunakan perangkat 3D CAD dari Minescape untuk memvisualisasikan desain tambang dan berinteraksi dengan desain tersebut secara grafis dalam berbagai tahapan.

Grade Blocking

Secara interaktif menghasilkan grade blocks dengan menggunakan informasi paling akurat yang ada untuk mengkalkulasikan cadangan dan mengisyaratkan perencanaan  produksi secara grafis.

Survey

Menghasilkan instruksi survei secara otomatis dari rencana pertambangan. Memasukkan hasil survei dari perekam maupun buku lapangan langsung ke database Minescape. Menghasilkan laporan dan rencana produksi, serta menggunakan informasi dari database untuk perencanaan jangka pendek selanjutnya, reklamasi dan rekonsiliasi.

Schedule

Mengoptimalkan metode pertambangan beserta tahapannya dengan menyediakan perkiraan pergerakan materi dan aktivitas mesin untuk pengoperasian jangka pendek maupun panjang.